time 4 months yang lalu di topik #Tips

Aplikasi Android Sering Keluar Sendiri, Ini Penyebab dan Solusinya

Seperti yang kita tahu, Android kini menjadi OS atau Sistim operasi paling populer untuk sebuah smartphone. Berbagai fitur dan aplikasi yang terus berkembang serta berguna untuk kehidupan sehari hari, tentu saja secanggih apapaun aplikasi yang ada pasti ada saja masalah atau error yang terjadi.

Salah satunya adalah aplikasi di android yang sering force close atau keluar sendiri secara tiba tiba, apalagi kalau saat saat main game dan tidak di duga game keluar sendiri di smartphone, sudah pasti sangat mengesalkan bukan ?

Kalau satu dua kali sih oke oke saja, tapi kalau sudah yang kesekian kalinya pasti mau tidak mau harus mengetahui apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki aplikasi yang sering menutup sendiri di hp android.

Advertisement

Beberapa penyabab justru adalah hal yang sepele, seperti file cache yang menumpuk, dan lain lain akan dibahas dibawah ini.

Biasanya, pada saat mengalami error tersebut akan muncul keterangan seperti “This application has stopped unexpectedly atau yang sejenisnya, dan hanya ada 2 tombol yang bisa dipilih, force stop, atau report.

Penyebab Aplikasi Android Force Close

Aplikasi Android Sering Keluar Sendiri, Ini Penyebab dan Solusinya

Data apk corrupt, seperti temporary data, cache,game data dan sebangsanya. Apk masih beta, alias belum full version dan masih dalam tahap masa percobaan. Apk tidak resmi (dari luar google play store), smatphone tidak kompatible, atau versi android yang tidak compatible. Hardware smartphone sudah mulai rusak, system android sudah di root.

Cara Mengatasi Aplikasi Android yang Berhenti Sendiri Secara Tiba Tiba

Manual force stop

salah satu cara yang pertama apabila mengalami hal masalah error seperti diatas adalah dengan menutup secara manual, ini ditujukan agar aplikasi lebih fresh saat dibuka kembali nantinya, lebih baik lagi kalau dibersihkan cachenya.

Langsung saja masuk ke Settings > Application Manager, kemudian pilih aplikasi yang sesuai, dan klik tombol “Force Stop”, kemudian buka kembali setelah di close tadi.

Clear data atau cache aplikasi

seperti yang sudah saya bilang, cache itu sebenarnya masalah sepele tapi bisa mengganggu sistem android setelah filenya terlalu banyak dan menumpuk, apalagi kalau ramnya pas pasan dan juga jumlah apk yang sudah terinstall di smartphone sangat banyak, sudah pasti kinerja smartphone akan menurun dan tidak heran kalau sering mengalami error seperti ini.

Masuk ke Android Settings > Application Manager, kemudian pilih aplikasi yang sesuai dan klik “Clear Data”. Namun dengan cara ini maka data-data di aplikasi akan terhapus semua, dan biasanya kalian akan disuruh untuk login ulang saat menyalakan aplikasi tersebut.

Alternatif untuk Clear Data atau Cache lainnya kalian bisa menggunakan aplikasi third party seperti “Clean Master” agar hasil pembersihan file sampah di hp semakin maksimal dan bersih tuntas.

Reinstall aplikasi

Nah kalau kamu tidak ingin pusing, maka lakukan saja reinstall, dengan terlebih dahulu membuang atau uninstall aplikasi di android sebelumnya lalu install lagi. Langkah ini cukup ampuh, lebih bagus lagi kalau kamu menginstall apk yang sudah update dari sebelumnya.

Baca juga :

Update aplikasi

Ini juga merupakan langkah penting dan cukup tepat, karena dengan menginstall aplikasi yang update, maka kemungkinan besar file akan diperbarui dan hasil kinerjanya pun maksimal, apalagi kalau os dan hp android kamu adalah yang paling terbaru.


Advertisement