time 1 week yang lalu di topik #Tips

Hp Android Getar Terus ? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya 100% WORK


Sampai saat ini, android menjadi salah satu OS yang paling banyak penggunanya, bahkan mendominasi di seluruh dunia. Namun secanggih apapun buatan manusia, sudah pasti ada saja masalah error yang terjadi, seperti pada kasus ponsel smartphone hp android yang getar sendiri atau mungkin mati (restart) sendiri.

Tapi setiap masalah itu ada solusinya, jadi jangan buru-buru membawa ponsel kamu ke service center. Di artikel ini kamu akan tahu sebenarnya apa aja sih penyebab yang membuat hp android bergetar terus menerus, dan bagaimana langkah mengatasi masalah error tersebut.

Banyak sekali penyebabnya memang, karena seiring fitur dan aplikasi di android yang terus berkembang pesat dan terus di update. Beberapa versi OS Android yang populer seperti Android Nougat, Marshmallow, Kitkat, Gingerbread, Cupcake dan lainnya sudah pasti banyak digunakan diberbagai merk smartphone yang ada saat ini.

Sebenarnya masalah Hp Android bergetar terus bukan terjadi karena pada masalah Os, tapi lebih ke bagaimana cara penggunaan hp kamu, serta masalah RAM dan Baterai. Oke langsung simak beberapa penyebab dan cara mengatasinya.

Hp Android Getar Terus

 

Kinerja Smartphone Menurun

Sebaiknya jangan meremehkan yang satu hal ini, terkadang karena hp kita mempunyai kapasitas RAM yang besar dan spek lain yang canggih, kita jadi tidak memperhatikan bagaimana menggunakannya dengan benar. Seperti asal asalan dalam menginstall aplikasi yang terlalu memberatkan sistem dan sering melakukan install uninstall aplikasi. Akibatnya file cache akan menumpuk, dan sudah pasti kinerja smartphone akan menurun. Salah satu gejala lainnya adalah mati atau restart sendiri.

Solusi :

Biasakan lakukan beberapa hal ini, seperti charge atau isi daya baterai ponsel sampai benar benar penuh 100%, dan jangan sampai mengalami kehabisan baterai hingga mati sendiri. Serta lebih baik lagi jangan membuka aplikasi yang berukuran berat dalam satu waktu sekaligus.

Aplikasi Terlalu Banyak

Seperti di katakan tadi bahwa sebesar besarnya kapasitas RAM dan secanggih canggihnya processor dan spek lain pada hp, alangkah baiknya jika kamu jangan menginstall aplikasi yang sekiranya tidak berguna, atau bahkan tidak pernah sama sekali digunakan.

Dari pada install banyak aplikasi tapi tidak pernah digunakan, lebih baik dihilangkan. Jika aplikasi yang ukurannya ringan mungkin tidak perlu dipikirkan, tapi kalau ukuran atau size aplikasi tersebut berukuran besar ? tentu saja akan memberatkan sistem ponsel, karena walaupun aplikasi tidak dipakai, seringkali tetap memakan RAM.

Solusi :

Hapus atau uninstal aplikasi usahakan gunakan apk khusus untuk uninstaller agar 100% bersih, jadi tidak ada file dalam aplikasi yang tertinggal di hp.

File cache Menumpuk, tidak menutup aplikasi dengan benar

Seringkali saat sudah menggunakan aplikasi tertentu, seperti games, music player dan lainnya yang sering kita gunakan setiap hari, kita asal saja dalam menutup akibatnya aplikasi tersebut sebenarnya masih terbuka pada system. Hingga saking seringnya kejadian seperti itu, akan ada puluhan aplikasi yang tetap terbuka dalam ponsel.

Lebih parahnya lagi, jika file cache aplikasi tidak pernah dibersihkan. Sudah barang pasti ini membuat kinerja smartphone menjadi menurun karena banyak file sampah.

Solusi :

Bersihkan file sampah di ponsel dengan cara buka aplikasi satu per satu di menu setting, lalu klik dan pilih Hapus file cache.

Baca juga :

Os Bermasalah

Nah ini yang mungkin tidak ada solusi lain selain memflash hp itu sendiri, biasanya kalau semua langkah-langkah sudah dijalankan namun hasil tetap sama, yakni ponsel android tetap restart atau mati sendiri dan bergetar terus menerus, maka bisa jadi adalah karena OS nya bermasalah. Jadi solusinya paling harus di flash atau Os di instal ulang.


Advertisement