time 3 months yang lalu di topik #Tips

Mengenali Tanda Aplikasi Android Yang Membahayakan Perangkat Anda


Aplikasi android tentu ada sangat banyak sekali jenisnya baik itu resmi maupun bukan resmi. Dan semua jenis aplikasi tersebut bisa dengan mudah sobat dapatkan di Google Play Store. Namun apabila sobat tidak teliti saat memilih aplikasi-aplikasi tersebut, bisa jadi aplikasi yang baru terpasang dalam ponsel android itu membawa virus yang sangat membahayakan perangkat anda sendiri.

Banyaknya pengguna smartphone android saat ini, tentu merupakan sebuah kesempatan bagus bagi para peretas yang tidak bertanggung jawab untuk menyalurkan berbagai virus yang dimasukkan dalam aplikasi-aplikasi atau game tersebut.

Namun yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara menjauhkan virus-virus tersebut supaya tidak mengenai pada perangkat android kita. Tentu cara untuk menghindarinya pun bisa cukup terbilang sederhana. Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah dengan cara mengenali tanda-tandanya supaya bisa mengetahui sebelumnya bahwa aplikasi tersebut membawa virus atau tidak, sebaiknya untuk lebih jelasnya sobat baca ulasan yang telah kami uraikan dibawah ini.

Mengenali Tanda Aplikasi Android Yang Membahayakan Perangkat Anda

Cara Mengenali Aplikasi Android Pembawa Virus Yang Membahayakan

Amati Banyaknya Jumlah Kuantitas Unduhan.

Jika aplikasi yang akan sobat download itu ternyata tersedia di Play Store, terlebih dulu sobat coba lihat banyaknya pengguna yang mendownload aplikasi tersebut beserta komentarnya. Karena ini merupakan sebuah analisaawal untuk mengetahui sebagus apa kualitas aplikasi yang akan sobat gunakan.

Kebanyakan aplikasi yang punya rating dan kualitas bagus sudah digunakan oleh jutaan pengguna dan juga biasanya sudah memperoleh peringkat atau rating minimal 4 bintang. Kemudian sobat perhatikan juga semua komentar-komentar dari pengguna mengenai aplikasi tersebut apakah bagus atau tidak.

Tidak Tersedia di Google Play Store.

Berdasarkan pengalaman saya bahwa aplikasi yang membawa virus tersebut biasanya tidak ada di Play Store, namun cuma ada pada web-web yang menyediakan layanan berbagi atau download aplikasi. Yang perlu sobat ingat adalah saat menginstal aplikasi yang formatnya apk biasanya sudah terinfeksi virus yang berbahaya. Jadi telitilah dahulu sebelum mendownload aplikasi android yang belum tersedia di Play Store.

Developer Pembuat Aplikasi Belum Jelas.

Sebelum sobat menginstal aplikasi ada baiknya selidiki dulu dari mana sumber aplikasi tersebut berasal. Seperti contohnya siapa pembuat aplikasinya. Apabila belum jelas atau sumbernya tidak akurat, bisa jadi aplikasi itu justru menjadi penyebab virus.

Rating Aplikasi.

Yang menandakan apakah aplikasi tersebut berbahaya atau tidak adalah aplikasi tersebut memiliki latar belakang yang meragukan dan rating yang di berikan sangat rendah. Perlu di ketahui bahwa rating yang di berikan kepada salah satu aplikasi atau game adalah dari para pengguna yang puas akan kualitas aplikasi tersebut, entah itu di Play Store maupun di situs download aplikasi lain. Dari situ sobat bisa memperhatikan jumlah pengguna yang mengunduh dan biasanya aplikasi yang membahayakan punya rating peringkat yang kecil.

Tanda aplikasi yang membahayakan dapat juga sobat lihat dari penjelasan aplikasi yang  mencurigakan pada postingan aplikasi tersebut di Google Play Store. Apabila ternyata seperti itu, sobat perlu waspada karena kemungkinan besar aplikasi itu memang dapat membahayakan ponsel android anda.

Baca juga artikel speedtest cbn cara cek tes kecepatan internet


Advertisement