time 1 month yang lalu di topik #Tips

Tips Ampuh Mengatasi Smartphone Overheat atau Cepat Panas


Satu dari sekian masalah pada smartphone yang sering dijumpai yaitu karena masalah overheat atau terlalu panas. Arti dari overheat sendiri adalah dimana kondisi suhu smartphone dengan sangat cepat menjadi sangat panas yang membuat aktivitas pengguna saat mengoperasikan ponsel menjadi terganggu. Sebenarnya ada cukup banyak penyebab yang membuat smartphone menjadi cepat panas.

Biasanya untuk smartphone android, kondisi seperti ini terjadi pada saat kamu menjalankan aplikasi dengan cara multitasking atau juga bisa dikarenakan saat mengisi ulang daya baterai menggunakan charger yang tidak original.

Kebetulan di kesempatan kali ini kami bukan membahas mengenai penyebab smartphone panas, namun kami akan menjelaskan tentang cara mengatasi smartphone yang cepat panas. Dan tentunya kamu bisa mencoba tips mengatasi smartphone cepat panas ini pada perangkat ponsel yang kami miliki. Berikut tipsnya!

Mengatasi Smartphone Overheat atau Cepat Panas

  1. Jangan Gunakan Smartphone Terlalu Berlebihan.

Jika smartphone sudah terlampau sangat panas, tentu yang harus kamu lakukan adalah dengan mematikan smartphone tersebut. Apabila baterainya bisa dilepas, sebaiknya copot dahulu baterainya dan biarkan ponsel kamu beristirahat minimal sampai 40 menit. Akan tetapi kamu perlu memastikan juga saat menaruh smartphone  diusahakan meletakkannya didalam ruangan terbuka yang suhunya dingin. Saran kami kamu jangan terlalu sering menggunakan smartphone terlalu berlebihan, supaya ponsel tidak cepat overheat.

  1.  Tutup Aplikasi Atau Game Saat Ponsel Panas.

Pasa saat smartphone kamu sedang dalam kondisi overheat, kami menyarankan jangan menggunakan atau menjalankan aplikasi terlebih dulu. Sebaiknya kamu diamkan dahulu. Dan juga kamu bisa menutup beberapa aplikasi yang kamu rasa sudah tidak dibutuhkan lagi supaya memori ponsel kamu tidak terlalu berat.

  1. Hindari Menaruh Smartphone di Dalam Saku.

Pastinya banyak dari kamu pada saat bepergian lebih memilih menyimpan smartphone di dalam saku, apalagi  saat pada kondisi suhu yang panas. Mungkin kamu juga pernah membaca ada berita tentang kasus smartphone yang terbakar didalam saku celana yang diakibatkan karena masalah overheat. Jadi bila kamu tidak ingin mengalami kejadian seperti itu, langkah yang paling bagus adalah mendinginkan ponsel dengan cara menonaktifkannya.

  1. Pakai Aplikasi Pendingin Ponsel.

Metode ini sebenarnya tidak terlalu penting dilakukan, sebab dengan menggunakan cara manual seperti diatas tadi akan bisa lebih membantu supaya smartphone kamu tidak cepat overheat. Akan tetapi jika kamu ingin coba menggunakan aplikasi pun kami rasa boleh-boleh saja. Bagi kamu yang ingin memanfaatkan aplikasi pendingin ponsel yang dapat kamu pakai untuk menghilangkan suhu panas pada ponselmu, kami rekomendasikan untuk menggunakan aplikasi Master Doctor Droid dan Cooler Master. Yang mana beberapa aplikasi ini dapat kamu dapatkan di Market Play Store Android.

  1. Jangan Meletakkan Ponsel di Tempat yang Panas.

Apabila smartphone yang sedang kamu gunakan sudah  terasa mulai panas, yang harus kamu hindari adalah jangan meletakkannya ditempat yang bersuhu panas. Misalnya jangan menggunakan smartphone pada saat di dalam kendaraan yang tertimpa sinar matahari secara langsung. Tentu dengan keadaan itu, pastinya suhu didalam ruangan mobil akan menjadi panas dan secara otomatis ponsel kamu pun akan menjadi semakin panas.

Baca juga speedtest cbn, cara cek tes kecepatan internet

Baca juga beberapa tips cara mempercepat pengisian daya baterai smartphone

Jadi pada saat smartphone kamu menjadi cepat panas, kamu bisa praktekkan beberapa cara yang telah kami sampaikan pada pembahasan ini. Sekiranya itu tadi beberapa tips yang bisa kami berikan pada kesempatan kali ini. Dan tentunya kami pun menyarankan supaya kamu tidak terlalu berlebihan saat menggunakan smartphone.


Advertisement