time 1 month yang lalu di topik #Berita,Editorial

Desain Sony Xperia XZ2 Terkuak Hampir Tanpa Bezel

Trend desain smartphone bezel-less terus tumbuh sejak pertama Samsung memperkenalkan Galaxy S8. Ukuran bezel dihitung melalui aspek rasio layar ke bodi smartphone. Semakin tinggi prosentase rasionya, berarti layar smartphone akan semakin tinggi dan lebar.

Nah sederhananya smartphone tanpa bezel adalah sebuah smartphone dimana bodi bagian depannya hampir tampak layar semua. Sampai saat ini rekor bezel tertipis masih dipegang oleh Essential PH-1 dengan tingkat rasio screen-to-body hingga 84.9%. Samsung Galaxy S8+ memiliki tingkat rasio layar ke body terhitung 84%. iPhone X sebagai brand Apple terbaru memiliki tingkat screen-to-body ratio 82.9%.

Desain Sony Xperia XZ2

Cukup mengejutkan memang jika Sony Xperia XZ2 akan mengusung layar dengan aspek rasio screen-to-body lebih dari 90%, tapi itu bukan hal yang mustahil bagi Sony mengingat hampir semua smartphone besutannya selama ini terkenal sangat durable.

Sebuah render Xperia XZ2 dua hari kemarin diberitakan oleh Techie State. Melihat karakternya yang khas Xperia, smartphone ini masih terlihat kotak dan kurang kesan glamor. Dengan bentang layar sepanjang 5.5 inci, malah XZ2 diidentikkan dengan Xiaomi Mi Mix 2 yang memiliki bentang layar 5.99 inci. Pun demikian di samping bodi terdapat sebuah tombol kamera, yang menjadikannya tidak kehilangan jati diri.

Apa yang diberitakan oleh Techie State banyak menuai pro dan kontra. Pertama, situs tersebut tidak mengungkap dari mana foto render tersebut didapatkan. Kedua, gambar yang dipajang (disinyalir Xperia XZ2) memiliki kualitas rendah. Artinya, jika melihat leak tersebut kita boleh percaya dan boleh tidak.

Bersamaan dengan itu, Techie State juga mengungkap beberapa spek teknis  Sony Xperia XZ2.  Seperti yang diberitakan, smartphone yang memiliki kode Sony H8216 tersebut akan mengusung fitur gahar yang diantaranya adalah:

  • Snapdragon 845
  • RAM 4GB
  • Memori Internal 64GB
  • Baterai kapasitas 3130 mAh + quick charge
  • Kamera belakang 12-megapixels, kamera depan 16-megapixels
  • Android Oreo

Jika konstelasi hardware tersebut ternyata benar, ada kemungkinan besar Xperia XZ2 akan disertai dengan bandrol selangit. Hal ini kontra dengan para vendor kompetitor yang saat ini sedang menyusun rencana untuk ‘obral’ smartphone kelas menengah di tahun 2018.

 


Advertisement