time 2 weeks yang lalu di topik #Berita

Facebook Tak Ingin Ada Iklan Terkait Mata Uang Digital Seliweran di Platformnya

Spot iklan di Facebook memang menjadi incaran para pelaku usaha karena jangkauan promosinya yang luas dan tertarget. Dalam menjaga platformnya dari berbagai iklan tidak pantas atau sifatnya menipu (deceptive), Facebook terus melakukan terobosan-terobosan dengan mempelajari dan menerapkan kebijakan lebih ketat.

Langkah terbaru yang diambil oleh Facebook kali ini terkait dengan maraknya promosi mata uang virtual atau mata uang digital yang juga dikenal sebagai cryptocurrencies. Bisnis semacam ini ada beberapa model diantaranya adalah mata uang digital, ICO (initial coin offering) atau penerbitan koin perdana dan opsi biner (binary option).

ICO sendiri sering dimanfaatkan oleh perusahaan dalam melakukan penggalangan dana, untuk sebuah usaha fiktif. Menurut Facebook , baru-baru ini Komisi Sekuritas dan Bursa Efek Amerika Serikat (SEC) mencekal dan membekukan aset sebuah perusahaan yang melakukan kampanye ICO fiktif melalui AriseBank.

Selain kasus ini ada juga aktifitas promosi yang sering seliweran di Facebook dengan iming-iming investasi mata uang virtual contohnya adalah bitcoin. Pihak Facebook memberikan sebuah contoh kalimat promosi yang tergolong deceptive seperti “Gunakan dana pensiun anda untuk membeli Bitcoin!”.

Ada juga iklan yang mempromosikan tentang trading opsi biner dan kawan-kawannya, dimana semua itu cenderung beresiko dan rentan penipuan, ujar pihak Facebook melalui laman resminya seperti yang kami kutip dari Bloomberg, Rabu (31/1/2018).

Kebijakan baru terhadap iklan-iklan seperti di atas, Facebook akan langsung terapkan aksi ban, blokir tanpa pandang bulu!

Kiat ini terus diupayakan ole Facebook agar user dapat terus merasakan dan mempelajari produk dan layanan periklanan Facebook (juga Instagram) tanpa ada rasa khawatir terhadap adanya scam (penipuan) maupun deception (muslihat tipu daya).

Beberapa bulan terakhir ini sang CEO Mark Zuckerberg telah mengkategorikan mata uang digital dan berbagai teknologi yang mampu mendesentralisasikan kekuatan sebagai trend baru yang telah ia pelajari di tahun 2018. Tujuannya adalah untuk terus memperbaiki kualitas platformnya.

Baca Juga Trik Melakukan Pembicaraan Rahasia Di Ponsel Lewat Facebook Messenger

Mark Zuckerberg sendiri memandang mata uang virtual sebagai dampak positif sekaligus juga negatif atas kemajuan teknologi, disaat semua orang sedang memuji mata uang digital sebagai pertanda bagus.

Pandangan akhir yang disampaikan oleh Facebook, bahwa Bitcoin sendiri memiliki volatilitas tinggi. Disuatu saat ia bisa naik tajam dan serentak bisa langsung anjlok di angka yang sulit untuk diprediski.


Advertisement