time 2 weeks yang lalu di topik #Berita

Wow! Samsung Punya Hak Paten Sistem Autentikasi Gunakan Pola Aliran Darah

Sistem autentikasi yang dipakai oleh perangkat elektronik khususnya smartwatch dan smartphone kian hari terus berkembang. Dulu hanya ada sebatas password disusul kemudian berbagai inovasi seperti kunci pola, pemindai sidik jari, iris scanner hingga sistem autentikasi pemindai wajah.

Tampaknya kecanggihan sistem autentikasi kian hari terus berkembang dan tidak akan pernah berhenti. Hal ini dibuktikan oleh fakta baru bahwa Samsung sebagai salah satu perusahaan paling inovatif, telah mematenkan sebuah teknologi sistem autentikasi dengan memanfaatkan pola aliran darah.

Paten tersebut bertajuk ‘Real Time Authentication Based on Blood Flow Parameters’ yang ternyata sudah dipenuhi sejak tahun 2016 yang lalu di Amerika Serikat. Metode

kerjanya cukup sederhana, melalui sensor pada smartphone atau smartwatch, sistem autentikasi tersebut mampu mengidentifikasi pola aliran darah yang terdapat pada jari atau lengan tangan pengguna.

Jika hal ini benar-benar diimplementasikan, maka pengguna smartphone masa depan tidak akan butuh password lagi untuk melakukan autentikasi baik ketika membuka (unlock) smartphone ataupun melakukan autentikasi pada layanan pembayaran.

Untuk potensi penggunaanya memang yang paling masuk akal adalah smartphone dan smartwatches mengingat pola aliran darah yang dideteksi terdapat pada jari atau pergelangan tangan. Kita bisa berandai-andai betapa mudahnya menggunakan smartphone merek Samsung jika fitur ini benar-benar digarap.

Kita tidak perlu lagi meletakkan jari ke fingerprint scanner atau memandai iris scanner untuk sekedar unlock smarphone. Untuk smartwatch juga sangat berguna mengingat kebanyakan model terbaru yang beredar di pasaran sudah bisa digunakan untuk melakukan autentikasi pembayaran.

Pun demikian kita juga tidak boleh terlalu berharap akan hadirnya teknologi Samsung ini, mengingat statusnya hanya paten. Paten bisa saja dibatalkan kapan saja dan tidak diproduksi sama sekali karena berbagai faktor termasuk pendaan dan hal-hal teknis lainnya.

Baca Juga Pilihan HP Android Dengan Fitur Sensor Sidik Jari Terbaru

Dan jika Samsung berencana membawanya ke pasar, maka semua itu lebih dari cukup bagi Samsung untuk melakukan diferensiasi dalam menciptakan gadget futuristik dan unik.


Advertisement